Defenisi M-Commerce
M-Commerce yang berasal dari mobile commerce merupakan suatu sistem perdagangan (e-commerce) yang dilakukan melalui media protabel seperti ponsel, PDA, dll Pada dasarnya, M-Commerce ini merupakan gabungan dari e-commerce dan mobile computing. Karena itu, bisa dikatakan bahwa M-Commerce adalah E-Commerce yang berada dalam lingkungan nirkabel.
Keuntungan M-Commerce:
Kepuasan pelanggan, penghematan biaya, dan peluang bisnis baru
Dapat dilakukan dimana saja dengan light-weighted devices
Dapat membawa penjual dan pembeli bersama-sama dengan mudah sehingga memungkinkan untuk mendapatkan laba yang dekat
Kerugian M-Commerce:
Tidak bisanya menawarkan grafik suatu PC
Layar kecil membatasi kompleksitas aplikasi
Terdapat pendekatan berbeda terhadap pemahaman M-Commerce oleh masing-masing jaringan
Keterbatasan dalam media utama (Mobile Phone):
Ukuran device yang relatif kecil
Mobile device yang digunakan untuk mengakses tidak punya media penyimpanan
Teknologi belum semutakhir PC
Pelanggan butuh pencarian data yang cepat dan mudah
Penggunaan M-Commerce jadi tidak efektif, tidak efisien, dan tidak memberikan kepuasan kepada pelanggan
Keterbatasan dari segi Teknis:
Tidak ada standarisasi
Bandwith tidak cukup
Keterbatasan transmisi
Masalah cuaca
Jarak koneksi
Contoh salah satu m-commerce yaitu layanan mobile banking. Layanan mobile banking merupakan layanan fasilitas perbankan yang melalui komunikasi bergerak seperti handphone, PDA, dll. Layanan Mobile Banking itu sendiri terdiri dari Informasi Account, Pembayaran, Deposito, Penarikan dan Transfer, dll.
M-Commerce yang berasal dari mobile commerce merupakan suatu sistem perdagangan (e-commerce) yang dilakukan melalui media protabel seperti ponsel, PDA, dll Pada dasarnya, M-Commerce ini merupakan gabungan dari e-commerce dan mobile computing. Karena itu, bisa dikatakan bahwa M-Commerce adalah E-Commerce yang berada dalam lingkungan nirkabel.
Keuntungan M-Commerce:
Kepuasan pelanggan, penghematan biaya, dan peluang bisnis baru
Dapat dilakukan dimana saja dengan light-weighted devices
Dapat membawa penjual dan pembeli bersama-sama dengan mudah sehingga memungkinkan untuk mendapatkan laba yang dekat
Kerugian M-Commerce:
Tidak bisanya menawarkan grafik suatu PC
Layar kecil membatasi kompleksitas aplikasi
Terdapat pendekatan berbeda terhadap pemahaman M-Commerce oleh masing-masing jaringan
Keterbatasan dalam media utama (Mobile Phone):
Ukuran device yang relatif kecil
Mobile device yang digunakan untuk mengakses tidak punya media penyimpanan
Teknologi belum semutakhir PC
Pelanggan butuh pencarian data yang cepat dan mudah
Penggunaan M-Commerce jadi tidak efektif, tidak efisien, dan tidak memberikan kepuasan kepada pelanggan
Keterbatasan dari segi Teknis:
Tidak ada standarisasi
Bandwith tidak cukup
Keterbatasan transmisi
Masalah cuaca
Jarak koneksi
Contoh salah satu m-commerce yaitu layanan mobile banking. Layanan mobile banking merupakan layanan fasilitas perbankan yang melalui komunikasi bergerak seperti handphone, PDA, dll. Layanan Mobile Banking itu sendiri terdiri dari Informasi Account, Pembayaran, Deposito, Penarikan dan Transfer, dll.
0 komentar:
Posting Komentar